Kamis, 07 Maret 2013

Pamali

Disini, masyarakatnya masih sangat memegang teguh adat "Pamali", termasuk Orangtuaku. "Gak boleh begini...nanti kamu bisa begitu", "Jangan ini...nanti malah itu" dan ba...bi...bu...!Tapi, aku termasuk salah satu dari orang-orang yang tidak terlalu taat pada beberapa hal yang di-pamali-kan.

Contohnya, aku suka potong kuku pada malam hari, lalu ada yang sewot karena katanya itu pamali. Aku juga pernah bersiul pada malam hari, lagi-lagi ada yang sewot, alasannya juga masih sama, pamali!. Pernah juga waktu aku nyapu lantai pada malam hari, ada yang komplain "nyapu malem-malem gini pamali loh, bisa menjauhkan rejeki!". -__-"

Akan coba aku pahami. Mungkin maksud dari tidak boleh memotong kuku pada malam hari itu adalah dikhawatirkan tangan kita bisa terluka karena pada malam hari kita tidak bisa melihat sesuatu dengan jelas. Apalagi jaman dulu yang pencahayaannya masih menggunakan lampu tempel yang bahan bakarnya masih menggunakan minyak tanah itu gitu. Masuk akal.

Tidak boleh bersiul pada malam hari...sudah pasti "Berisik Wooyy!!!. Atau mungkin ada penafsiran yang lain?

Jangan nyapu lantai pada malam hari, karena bisa menjauhkan rejeki. Hmm...untuk yang satu ini aku agak bingung dan bagiku terasa tidak masuk akal. Tapi yang ada dipikiranku sih mungkin begini "ngapain juga nyapu lantai malem-malem, itu kan sudah waktunya istirahat!", mungkin gitu kali ya?. Yang mengerti tentang ini, tolong jelasin dong!.

Tapi bagaimanapun aku mengerti kalau pamali itu diciptakan demi kebaikkan kita juga. Ada beberapa pamali yang tetap aku jaga dan aku patuhi, karena aku menilai jika pamali itu dilanggar, maka akan menimbulkan dampak buruk secara langsung. Seperti misalnya, "tidak boleh duduk didepan pintu, katanya bisa nongtot jodo (enteng jodoh)". Yang pasti alasan gak boleh duduk didepan pintu ya pastinya ngalangin orang lalu lalang lah!, selain itu juga gak sopan dan gak ada kerjaan banget, kan?.

Nah, sebetulnya aku hanya ingun tahu pendapat anda tentang pamali ini, masih haruskan diterapkan pada anak-anak jaman sekarang yang cenderung berpikir lebih kritis dan lebih logis?